Sabtu, 08 Agustus 2015

Cara Diet Membedakan Lapar Dan Haus

MENGERTI LAPAR DAN HAUS - CARA DIET EFEKTIF

Setelah bekerja keras seharian, otak dan tubuh mengirim banyak sinyal yang memberi tahu keadaan kita bahwa kita lapar ( ditandai dengan tubuh yang lemas, Perut yang keroncongan dan berbunyi).juga merasa haus.Tetapi ternyata rasa lapar dan haus dikontrol oleh bagian yang sama dari otak.


OTAK

Bagian dari otak yang mengontrol rasa lapar dan haus disebut dengan Hipotalamus.Hipotalamus membantu sistem syaraf supaya bisa bekerja dengan sistem endocrine dari tubuh,termasuk organ, kelenjar dan hormon.Organ,kelenjar, dan hormon ini mengatur bagaimana tubuh ini bekerja secara sinkron dan sistematis.ketika perut kosong, Hormon tertentu akan, mengirim sinyal lapar ke otak. Hipotalamus menerima sinyal ini dan mengkomunikasikan dengan jaringan syaraf bahwa ini adalah waktunya makan.




PERUT

Perut juga mengirimkan sinyal  untuk memberi tahu bahwa anda merasa lapar. ini ditandai dengan perut yang terasa kosong, bahkan berbunyi. Suara yang ditimbulkkan perut merupakan suara riil untuk memberi tahu anda bahwa anda lapar.Pencernakan diperut juga mengeluarkan "Noise" ketika sedang mencerna makanan. ini disebabkan karna kontraksi otot-otot pada pencernakan.

LAPAR DAN HAUS

Jika anda saat diet tetapi selalu ingin makan apapun yang ada didepan anda, dan tidak pernah merasa puas, Hati-hati!!Hal ini terjadi karena anda menerima sinyal campur dari otak.Hipotalamus mengontrol baik Rasa lapar maupun Haus. sehingga Hipotalamus juga mengirim sinyal yang sama, apakah anda lapar atau haus.

Disinilah kuncinya mengapa saat anda diet saya menekankan pada proses, bukan KECEPATAN turun berat badan. Anda harus memahami bahwa anda HARUS BELAJAR untuk mengerti tubuh anda sendiri, karena orang lain tidak bisa mengajarkan hal ini. Anda harus belajar MERASAKAN apakah tubuh anda itu haus atau lapar. 'Feeling' bahwa perut anda kosong dan lapar juga bisa disebabkan karena tubuh anda haus. jadi makan pun bukan solusi yang sebenarnya.

Dengan berlatih, anda bisa merasakan apakah yang anda rasakan ini , Rasa lapar atau bukan.Tetapi jika memang jamnya makan, dan anda masih merasa kenyang, juga tidak benar.Gunakanlah jam makan dengan teratur.pencernakan yang teratur membuat anda mudah untuk mengontrol rasa lapar dan menjauhkan anda dari ' over eating'.dengan demikian diet anda bisa sukses.Proses memegang peranan penting. jangan sepelekan proses.Berat badan yang anda dapatkan dengan cepat, tanpa memahami proses hanya akan bertahan sebentar.

PEMAHAMAN

Rasa lapar dan haus dipahami sebagai 'bahasa tubuh' BUKAN selalu 'bahasa perut'. jangan bergantung sepenuhnya pada bahasa perut. jika anda merasa lapar TETAPI belum jam nya makan, Minumlah segelas air atau lebih. perlu waktu 15-20 menit bagi Hipotalamus untuk mengirim sinyal pada jaringan syaraf untuk memberi tahu tubuh, bahwa anda hanya haus, dan rasa haus ini sudah dipuaskan. Tetapi jika sudah 15 - 20 menit anda masih lapar, kemungkinan anda memang lapar. Cara ini bukan 100% mujarap. Seperti saya singgung di atas . Andalah yang bisa merasakan 'bahasa tubuh' anda memang ingin makan atau minum atau bahkan tidak perlu keduanya. karena anda juga harus hati-hati dengan 'emotional eating'.

Harap diingat, diet alami adalah diet dengan proses dan perlu waktu. Tidak ada jaminan diet yang berhasil, jika anda sendiri malas untuk belajar dan malas untuk berusaha 'transform' tubuh anda menjadi lebih langsing dari sebelumnya. mereka yang berhasil adalah mereka yang berusaha keras meskipun kalau ditanya 'ah gampang' !!

Untuk konsultasi diet dan kesehatan - terutama bagi anda yang mempunyai berat badan over dari 15kg bisa hubungi ke kontak kami - maritamalkun@gmail.com








0 komentar:

Posting Komentar